Friday 29 April 2016

Makalah hasil observasi "Sawah"



MAKALAH
Laporan Hasil Observasi
“Sawah di Jl.Lisman”
Disusun untuk
Melengkapi Tugas B.Indonesia

Tahun Ajaran 2015/2016
Oleh :
Elsa Annisa Jannah          (13-X.6)
Nikken Kartika Dewi      (26-X.6)
Regina Aprilya F.              (30-X.6)
Tania Farah Hasna           (31-X.6)

SMAN I BOJONEGORO
BOJONEGORO
2015


MAKALAH LAPORAN HASIL OBSERVASI
“SAWAH DI JL.LISMAN”
Sawah adalah tanah yang digarap dan diari untuk tempat menanam padi. Apakah kalian tahu tentang padi? Mungkin kebanyakan dari kita berfikir bahwa padi ialah makanan pokok yang sering kita makan tentunya. Namun pada umumnya padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice). Maka, sawah harus menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenagan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air sungai, atau air hujan. Sawah banyak ditemui di pedesaan, namun kali ini kami juga menemukan sawah di dalam kota Bojonegoro, tepatnya di sepanjang jalan Lisman.
Di dalam sawah tersebut terdapat berbagai jenis makhluk hidup, seperti tumbuhan (rerumputan, kangkung, dan  padi), pengurai (cacing, bakteri, jamur), konsumen (belalang, tikus sawah, ular sawah). Sawah pada umumnya merupakan salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun. Sebuah studi menunjukan dengan mengeringkan sawah untuk sementara sambil mengaerasikan tanah bermanfaat untuk mengganggu emisi gas metana dan juga meningkatkan hasil padi.
Sebagian besar sawah tersebut ditanami padi, maka dari itu di sawah terdapat orang-orangan sawah, orang-orangan sawah adalah replika manusia yang ditempatkan di atas tanah yang tengah dibudidayakan (sawah, kebun, ladang, dll) yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti burung atau binatang lainnya (hama sawah) agar tidak mematuk atau merusak biji padi, di daerah Jl.Lisman. Secara umum, fungsi utama dari orang-orangan sawah adalah sebagai medium bagi petani untuk menjaga tanaman budidayanya dari serangan hama pertanian khususnya burung-burung seperti pipit, gagak, dan sebagainya. Di sawah juga terdapat gubug / saung, saung adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubug kecil, fungsi saung sendiri adalah sebagai tempat istirahat, berteduh, makan-makan atau kegiatan lain di dalam sawah.
Seperti halnya binatang yang ada di sawah, ada yang menguntungkan dan adapula yang merugikan, seperti ular sawah, cacing, burung pipit dan tikus sawah. Ular sawah tergolong binatang yang menguntungkan karena ular sawah membantu para petani untuk membasmi tikus sawah tanpa bantuan pembasmi kimia (insektisida). Burung pipit sangat merugikan bagi petani. karena burung pipit memakan biji padi yang ditanam para petani. Cacing merupakan binatang yang banyak hidup di tempat seperti sawah, cacing itu sendiri bermanfaat untuk menyuburkan tanah yang sangat berguna bagi tanaman. Dan dapat menghasilkan padi yang baik pula. Serta dapat dikonsumsi manusia sebagai bahan makanan pokok.


















Struktur teks laporan hasil observasi
Pernyataan umum         :
·        Sawah adalah tanah yang digarap dan diari untuk tempat menanam padi.
·        Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpeenting dalam peradaban.
Deskripsi bagian           :
·        Sawah pada umumnya merupakan salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun.
·        orang-orangan sawah adalah replika manusia yang ditempatkan di atas tanah yang tengah dibudidayakan (sawah, kebun, ladang, dll).
·        saung adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubug kecil.
·        Pada umumnya padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpeenting dalam peradaban.
·        Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice).
·        Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air sungai, atau air hujan.
·        Binatang di sawah ada yang menguntungkan dan adapula yang merugikan, seperti ular sawah, cacing, burung pipit dan tikus sawah.
·        Ular sawah tergolong binatang yang menguntungkan.
·        Burung pipit sangat merugikan bagi petani.
·        Cacing merupakan binatang yang menguntungkan bagi petani yang banyak hidup di tempat seperti sawah.
Deskripsi Fungsi           :
·        Fungsi utama dari orang-orangan sawah adalah sebagai medium bagi petani untuk menjaga tanaman budidayanya dari serangan hama pertanian khususnya burung-burung seperti pipit, gagak, dan sebagainya.
·        Fungsi saung sendiri adalah sebagai tempat istirahat, berteduh, makan-makan atau kegiatan lain di dalam sawah.
·        Ular sawah tergolong binatang yang menguntungkan karena ular sawah membantu para petani untuk membasmi tikus sawah tanpa bantuan pembasmi kimia (insektisida).
·        Cacing bermanfaat untuk menyuburkan tanah yang sangat berguna bagi tanaman.
·        Sawah berfungsi sebagai salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun.
LAMPIRAN

0 komentar:

Post a Comment